Kamis, 20 Mei 2010

Jaga Mata Anda agar tetap Bersinar

Gunakan Tetes Mata untuk Jaga Kelembapan Mata Anda

Maret 2010
Tips kesehatan surabaya. Mata merupakan panca indera paling vital yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Namun masalahnya saat ini, hampir tidak ada pekerjaan yang tidak menggunakan piranti elektronik seperti komputer. Bekerja dengan komputer sering menimbulkan beberapa keluhan pada mata. Tetapi tak perlu cemas dengan itu, untuk menjaga kesegaran mata, simak beberapa tips dari dr. Armanto Sidohutomo Sp.M dari Rumah Sakit Mata Undaan.
1. Istirahatkan Mata Anda Setiap Dua Jam
Ketika Anda bekerja didepan komputer selama dua jam, gunakan minimal sepuluh menit mengalihkan pandangan dengan cara memandang jauh (seperti orang melamun).
Melihat sebuah objek di kejauhan, baik di dalam maupun di luar kantor. Melihat kejauhan dan kemudian kembali pada pekerjaan membantu mata untuk fokus lebih baik. Cobalah melakukan hal ini selama lima hingga sepuluh menit setiap jam.
2. Sering Berkedip
Sering berkedip bisa menenangkan mata yang lelah. Juga menghilangkan lebam atau mata terlihat hitam akibat ketegangan mata anda.
3. Gunakan Obat Tetes Mata
Menggunakan air mata buatan atau obat tetes mata bisa memberikan efek relaksasi dan membantu mata Anda segar kembali. Jika perlu gunakan air mata buatan dengan tetes mata pada saat dihadapan komputer, agar kornea mata bisa terjaga kelembapannya. Terutama pada ruangan yang ber AC, supaya mata tidak terasa panas dan perih akibat kekeringan.
4. Usahakan Relaksasi Fisik dan Mata Setiap Empat Jam
Jika Anda bekerja dihadapan komputer lebih dari empat jam, gunakan waktu 10-15 menit untuk mengistirahatkan keseluruhan dari tubuh kita termasuk mata. Misalkan berjalan di luar ruangan kantor agar mata mendapatkan udara yang segar.
5. Minum Air Putih
Minum air putih, membantu menghilangkan kelelahan. Ketika dehidrasi, terutama di ruangan ber AC, tubuh mulai menyimpan air sebagai bentuk pertahanan diri. Jika terjadi dehidrasi, maka bisa menyebabkan kelebaman di sekitar mata.
6. Olahraga dan Makan sehat
Olahraga teratur membantu fisik Anda tetap sehat. Juga makanlah makanan yang mengandung vitamin A,C dan E setiap hari, makan buah berasa asam, sayuran hijau, tomat, bayam, wortel, mentimun, daging ayam dan susu. Makanan sehat akan membantu proses perbaikan mata dari dalam tubuh Anda. (Ima)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan cerdas, karena komentar Anda adalah cerminan dari diri Anda. Salam Sukses

Artikel Lainya...

Sitemap